Pages

Hi

Get Gifs at CodemySpace.com

Jumat, 13 Januari 2012

Pengetahuan Seputar Chatting,,,^_^

Sahabat yang bijak, Anda pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan kata internet??? Ya.. Internet itu sebuah sarana komunikasi yang murah. Internet juga dilengkapi berbagai aplikasi yang dapat Anda gunakan sebagai sarana komunikasi. Beberapa di antarnya sudah kta bahas sebelumnya. Saat ini Anda akan membahas sarana komunikasi yang lain yang ada di Internet yang disebut dengan IRC atau Internet Relay Chat.
a)    Pengertian IRC
IRC merupakan aplikasi Internet yang memungkinkan Anda berkomunikasi secara real time. Real time artinya seketika atau saat itu juga pesan yang Anda sampaikan kepada orang lain akan diterima dan dibahas pada saat itu juga. Berbeda dengan email, komunikasi dengan IRC bisa terjadi apabila Anda dan lawan komunikasi Anda sama-sama terhubung ke Internet pada saat ynga sama. IRC memungkinkan Anda bercakap-cakap dengan orang lain dengan menggunakan tulisan. Berkomunikasi dengan menggunakan IRC disebut chatting, sedangkan orang yang melakukannya disebut chatter. Chatting menjadi kegiatan yang mengasikkan karena Anda dapat berkomunikasi secara real time dengan orang lain biaya yang murah. Anda dapat bertemu dengan orang dari belahan dunia dan dari berbagai latar belakang. Chatting dapat juga Anda manfaatkan jika Anda mempunyai teman atau keluarga yang berada jauh, di mana kalau Anda berkomunikasi melalui telepon terlalu mahal. Untuk dapat chatting, Anda merupakan koneksi ke Internet ditambah dengan program chatting. Beberapa program chatting yang ada saat ini adalah IRC, Pirch, Virc dan sebagainya. Program chatting dapat juga digantikan dengan website yang menyediakan fasilitas chatting, antara lain: bandung chat (www.bandungchat.com), boleh.com (www.boleh.com) dan sebagainya

b)   Simbol dan Singkatan dalam Chatting 
Ada banyak singkatan-singkatan atau istilah-istilah yang digunakan dalam chating. Singkatan-singkatan atau istilah-istilah tersebut bisa dikatakan sebagai bahasa chatting, agar komunikasi anda berjalan lancar pada saat chatting, maka anda perlu mengerti arti dari bahasa chatting tersebut. Beberapa bahasa chatting yang sering digunakan dapat anda lihat di tabel 1.1.

Tabel 1.1
Beberapa bahasa chatting.
SINGKATAN
ARTI
Wb welcome back
(Selamat datang kembali)
Asap as soon as possible
(Sesegera mungkin)
Imo in my opinion
(Menurit pendapat saya) 
Jk just kidding
(Hanya bercanda)
Brb be right back
(Segera kembali)
Cul see you later
(Sampai jumpa lagi)
Cu see you
(Sampai jumpa)
Oic oh i see
(Ya saya mengerti)
Thx/thax thanks
(Terima kasih)
Btw by the way
(Ngomong-ngomong)
Gtg go to go
(Saya harus pergi)
Asl Age/sex/location
Umur/jenis kelamin/lokasi)
Pls Please
(Tolong/silakan)
Pv Private
(Pribadi) 
Japri di
Jalur priba
U You
(Anda )
Ul You first
(Anda duluan )
Nu And you
(Dan anda )
Nop No problem
(Nggak masalah)
Dc Disconnected
Proses chatting terputus

Dalam chatting, Anda berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunakan teks yang Anda ketik. Anda tidak dapat melihat ekspresi lawan bicara Anda, demikian juga sebaliknya sehingga Anda tidak tahu emosi lawan bicara Anda. Karena itu, untuk menunjukkan emosi Anda kepada lawan bicara Anda, Anda dapat menggunakan simbol-simbol. Simbol-simbol emosi (sering disebut emotion ) yang umum digunakan dalam chatting dapat Anda lihat di Tabel 1.2.


Table 1.2.
Simbol Emosi dalam Chatting
SIMBOL
ARTI
:-)
Smile,happy, fun
:-)
Very glad, sangat senang
:-}
Tersenyum lebar
:)
Senang, Tersenyum
:(
Cemberut
:-D
Laugh, tertawa terbahak-bahak
:-o
Spellbound, terpesona
:-*
Kiss
;-)
Main mata
:P
Aku menganggap anda seorang teman
>:-
Kind-hearted, baik hati () Peluk
=:o
Be afraid, terkejut
:-!
Hmmmm
:-\
Be wary, uncertain, ragu-ragu
:-P
Ridicule, stuck out tongue, mengejek, menjulurkan lidah
:-(
Sad,  sedih
:’-(
Cry, menangis
:-!!
Angry, marah
>>:-<<
Marah besar
>-<
Naik darah
(:-&
Marah
:*
Cium dong
:!
Bosan dan sedih
:( )
Mulut besar, Berteriak
:@
Apa
%-( III
Sick
%-)
Bingung
%-6
Bego
> -
Cewek
: -
Cowok
: ~ ~p
Ngiler
%*@:-C
Computer hang
Apabila Anda masih baru dalam dunia chatting, maka akan sulit bagi Anda menghapal semua bahasa dan simbol-simbol diatas. Bila Anda menemukan bahasa atau simbol chatting yang Anda tidak mengerti, jangan malu untuk bertanya. Anda dapat bertanya dengan cara mengulangi bahasa atau symbol chatting yang dikirimkan. Misalnya jika Anda menerima simbol “:-ll” dan Anda tidak mengerti. Anda dapat bertanya dengan mengetik “:-l?”. Teman chatting Anda akan menerangkannya. Semakin sering Anda chatting, maka semakin banyak bahasa dan simbol-simbol chatting yang Anda kenal.

c)    Etika Chatting 
Chatting adalah berkomunikasi dengan orang lain. Sama seperti komunikasi Anda sehari-hari, chatting juga mempunyai etika yang harus Anda jaga. Beberapa etika chatting yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut:
1)    Gunakanlah bahasa yang sopan. Kata-kata yang kasar dan kurang sopan dapat menyebabkan Anda dikeluarkan dari channel oleh operator channel.
2)   Jangan menggunakan huruf besar. Penggunaan huruf besar akan diartikan oleh orang lain bahwa Anda sedang berteriak-teriak.
3)   Jangan melakukan spam atau mengirimkan informasi/iklan yang tidak penting secara beruntun kepada orang lain karena orang tersebut akan merasa terganggu.
4)   Jangan menggunakan warna yang mencolok.
5)   Jika orang lain mengajak Anda berbicara tentang topik yang Anda tidak suka (seks, politik dan sebagainya), tolaklah dengan cara yang halus.
6)   Hindari pertengkaran atau perdebatan yang sengit. Anda chatting untuk mencari teman dan menyenangkan diri, bukan mencari lawan dan untuk membuat stress.
7)   Jika Anda mendapatkan kata-kata kasar atau tidak senonoh, sebaiknya Anda tidak usah melayaninya lagi dengan kata-kata yang sama

d)   Manfaat dan Dampak Chatting 
Chatting membuat komunikasi Anda berjalan lancar karena bersifat real time dan berbiaya murah. Ada beberapa manfaat chatting yang dapat Anda peroleh, yaitu:
·         Sarana murah dan mudah
Chatting dapat Anda manfaatkan sebagai sarana untuk  berkomunikasi dengan biaya murah. Misalnya Anda ingin berbicara dengan teman, saudara atau orang tua yang tinggal di luar negeri atau di luar daerah lain. Chatting merupakan pilihan komunikasi yang mudah dan murah.
·         Konsultasi dengan dokter
Beberapa website menyediakan jasa konsultasi kesehatan dengan dokter. Anda dapat memanfaatkan layanan tersebut.
·         Berhubungan dengan para pakar 
Beberapa website menyediakan jasa konsultasi dengan pakar. Anda dapat berkomunikasi melalui chatting dengan pakar yang Anda cari.
·         Mengetahui isi buku
Melalui www.libraryplanet.com Anda dapat chatting tentang isi buku.
·         Mendapatkan teman baru
Anda dapat menemukan teman baru dari seluruh dunia melalui chatting.Teman dari belahan dunia yang berbeda dapat memberikan informasi yang berbeda kepada Anda .
·         Sarana belajar dan diskusi
Website beljar jarak jauh umumnya menyediakan fasilitas chatting untuk belajar dan berdiskusi dengan dosen maupun sesama teman sekelas. Apabila Anda masih baru dalam dunia chatting, maka akan sulit bagi Anda menghapal semua bahasa dan simbol-simbol diatas. Bila Anda menemukan bahasa atau simbol chatting yang Anda tidak mengerti, jangan malu untuk bertanya. Anda dapat bertanya dengan cara mengulangi bahasa atau symbol chatting yang dikirimkan. Misalnya jika Anda menerima simbol “:-ll” dan Anda tidak mengerti. Anda dapat bertanya dengan mengetik “:-l?”. Teman chatting Anda akan menerangkannya. Semakin sering Anda chatting, maka semakin banyak bahasa dan simbol-simbol chatting yang Anda kenal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar